GERAKAN PUNGUT SAMPAH SERENTAK DI DESA TLOGOHARUM

Tlogoharum (21/09/2019), Pada hari Sabtu pada pukul 06.30 WIB s/d 09.00 WIB telah dilaksanakan Gerakan Pungut Sampah Serentak pada peringatan “World Clean Up Day (WCD)” di Kecamatan Wedarijaksa yang berpusat di dua Desa yaitu Desa Tlogoharum dan Desa Jontro.

Desa Tlogoharum, Kegiatan Gerakan Pungut Sampah Serentak ini dihadiri oleh Muspika, Ketua Puskesmas Wedarijkasa II dan anggotanya , dan Perangkat Desa Tlogoharum dan di ikuti kegiatan bersih-bersih Warga RT se Desa Tlogoahrum di wilayah RT masing-masing.

Kegiatan Gerakan Pungut Sampah Serentak ini dilakukan mengingat semakin banyaknya sampah-sampah Plastik yang dibuang sembarangan dijalan mapun di sungai, hal tersebut didasari berbagai faktor antara lain: kurangnya pengetahuan tentang kesehatan, minimnya lahan untuk membuang limbah rumah tangga, dan kurangnya sosilaisasi dari pihak terkait tentang manfaat dan kerugian yang diakibatkan dari sampah.

Di Desa Tlogoharum Gerakan Pungut Sampah Serentak ini di mulai dari RW 02 di jalur bagian atas Desa Tlogoharum dan dilanjutkan ke RW 01 di jalur bagian bawah Desa Tlogoharum. Gerakan ini di mulai dengan memungut sampah dari jalan dan trotoar serta mengambil sampah yang ada di sungai-sungai kecil di jalan poros Desa yang selanjutnya diangkut menggunakan kendaraan motor roda tiga atau Viar. Sampah yang telah diangkut di Viar selanjutnya dibuang ke tempat pembuangan sementara yang berada di dekat Desa Tlogoharum.

Kegiatan Gerakan Pungut Sampah Serentak ini banyak memberikan manfaat dan hikmah bagi warga masyarakat Desa Tlogoharum antara lain warga masyarakat Desa Tlogoharum menjadi sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan bagi kesehatan, kebersihan lingkungan hidup mencerminkan hal yang positif terhadap perspektif orang luar terhadap diri sendiri ataupun terhadap Desa, terjalinnya hubungan yang solid dan harmonis warga masyarakat Desa Tlogoharum dengan jajaran Muspika, Puskesmas dan segenap Perangkat Desa Tlogoharum.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan