NORMALISASI KALI DESA TLOGOHARUM TAHUN 2019

Normalisasi Kali adalah proses pembersihan yang dilakukan sekelompok orang atau proses pengerukan alat berat dengan tujuan untuk mengurangi atau menghilangkan pendangkalan lumpur dan juga sampah pada aliran sungai ataupun drainase.

Pada tahun ini di Desa Tlogoharum Normalisasi Kali dilakukan mulai hari Senin tanggal 18 November 2019 yang sampai saat ini masih berjalan dalam proses pengerjaannya, Normalisasi Kali dilakukan dengan alat manual yang dikerjakan oleh lima orang pekerja secara bersama-sama menyisir kali/sungai yang ada di wilayah perkampungan Desa Tlogoharum. Sumber dari anggaran kegiatan Normalisasi Kali ini adalah Pendapatan Asli Desa (PAD).

Normalisasi Kali di awali dengan pembersihan kali di depan Balai Desa Tlogoharum kemudian turun ke bawah RW 01 Desa Tlogoharum dan diteruskan naik ke atas menuju wilayah RW 02 Desa Tlogoharum. Kali yang dijadikan objek Normalisasi adalah dari mulai kali yang dengan kapasitas air kecil sampai dengan kali dengan kapasitas air besar, kesemuanya di sisir menggunakan alat manual meliputi cangkul, bendo, arit, penggaruk besi dan sebagainya.

Normalisasi Kali dilakukan dengan membersihakan tumbuhan-tumbuhan disekitar kali, mengeruk sampah dan lumpur yang ada di dalam kali, kemudian diangkat ke atas yang selanjutnya diangkut menggunakan kendaraan roda tiga yang dimiliki Pemerintah Desa Tlogoharum. Sampah yang telah terkumpul di kendaraan kemudian dibuang dipembuangan atau tanah kosong milik Desa dan milik warga yang telah mendapatkan izin untuk menjadi tempat pembuangan lumpur dan sampah tersebut.

Normalisasi Kali dilakukan dengan tujuan agar pada musim hujan yang akan datang aliran air menjadi lancar dan tidak ada masalah yang ditimbulkan dari proses pendangkalan kali tersebut. Tidak hanya itu, Normalisasi Kali juga bertujuan agar wilayah Desa Tlogoharum terlihat bersih dan secara otomatis akan menciptakan lingkungan hidup yang sehat.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan