BIMTEK SANTIAJI

Tlogoharum (12/12/2019) Panitia Pemilihan Kepala Desa Tlogoharum mengadakan kegiatan Bimtek Santiaji pada hari Kamis pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 15.30 WIB, bertempat di Balai Desa Tlogoharum. Kegiatan Bimtek Santiaji di hadiri oleh seluruh Panitia PILKADES Desa Tlogoharum, Muspika Kecamatan Wedarijaksa, BPD Desa Tlogoharum, Calon Kepala Desa Tlogoharum beserta Saksinya.

Bimtek Santiaji merupakan kegiatan untuk membahas tentang Kampanye PILKADES, masa tenang PILKADES, pemungutan suara dan perhitungan surat suara dengan tujuan untuk membahas  teknis dan tata tertib yang dilakukan pada saat menjalankan tahapan-tahapan PILKADES sesuai dengan aturan yang berlaku. Adapun susunan acara pada kegiatan Bimtek Santiaji ini adalah sebagai berikut:

  1. Pembukaan
  2. Menyanyikan lagu Indonesia Raya
  3. Sambutan-sambutan
  4. Bimtek Santiaji
  5. Pembahasan tugas panitia PILKADES dan denah lokasi per wilayah pemilihan pada saat pemungutan suara dan perhitungan suara
  6. Penutup

Bimtek Santiaji secara langsung disampaikan oleh Tim Pengawas Kecamatan yaitu Bapak Camat Wedarijaksa Suharyanto, S.H. Pemaparan dimulai dengan penyampaian jadwal dan teknis-teknis kampanye yang diperbolehkan serta larangan-larangan dalam berkampanye sesuai Perbub 52 Tahun 2019, masa kampanye itu sendiri di mulai pada tanggal 14, 16, 17 Desember 2019 pada pukul 08.00 WIB s/d 22.00 WIB, kemudian dilanjutkan pembahasan masa tenang setelah selesainya tahapan Kampanye dengan menurunkan dan membersihkan atribut-atribut Kampanye yang dipasang oleh masing-masing Calon Kepala Desa oleh Panitia PILKADES.

Tidak hanya itu, Bapak Camat juga menyampaikan terkait Jadwal serta teknis penyampian undangan, pelipatan surat suara, pemungutan suara dan perhitungan suara. Jadwal dari penyampaian undangan dan pelipatan surat suara adalah pada tanggal 12 s/d 20 Desember 2019. Teknis dari pemungutan suara dan perhitungan suara secara detail disampaikan oleh Bapak Camat dimulai dari cara mencoblos yang benar, pemeragaan surat suara yang sah dan tidak sah, alur dari proses pencoblosan, cara perhitungan suara dan tata tertib yang harus dipatuhi oleh Calon kepala Desa dan Saksi pada saat pemungutan dan perhitungan suara. Pemungutan suara dan perhitungan suara dilaksanakan pada tanggal 21 Desember 2019.

Setelah pemaparan dari Bapak Camat, para Calon Kepala Desa dan Saksi serta Panitia PILKADES melakukan tanya jawab dan Diskusi terkait teknis-teknis tahapan PILKADES yang secara keseluruhan berjalan dengan lancar dan kondusif.

Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan dan pembagian tugas oleh ketua Panitia PILKADES pada saat pemungutan suara dan perhitungan suara serta tata ruang lokasi yang akan diatur pada saat pembuatan TPS dan tempat-tempat lain yang mendukung proses berjalannya pemungutan suara dan perhitungan suara.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan