PEMUNGUTAN DAN PERHITUNGAN SUARA PILKADES DESA TLOGOHARUM

Tlogoharum (21/12/2019), Panitia Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Desa Tlogoharum tahun 2019 melaksanakan tahapan PILKADES yang merupakan puncak kegiatan dalam PILKADES tahun ini yaitu tahap pemungutan dan perhitungan suara. Tahap pemungutan suara sesuai jadwal dilaksanakan pada hari Sabtu di mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 14.00 WIB, sedangkan perhitungan suara dilaksanakan pada pukul 14.15 WIB sampai dengan selesai yang bertempat di Balai Desa Tlogoharum.

Kedua calon Kepala Desa sejak pagi telah datang ke balai desa dan dipersilahkan duduk di kursi yang telah disiapkan oleh Panitia PILKADES sebelumnya, kedua calon kepala desa berangkat ke Balai Desa Tlogoharum dengan didampingi saksi dan para pendukungnya, para pendukung dan warga dengan gembira sorak hore dan menjunjung tinggi nilai sportifitas untuk mencipatkan Desa Tlogoharum yang damai, maju dan sejahtera untuk memilih pemimpin yang adil dan bijaksana.

Panitia PILKADES sebelum hari H telah menyiapkan beberapa atribut dan perlengkapan yang akan digunakan dalam proses pemungutan dan perhitungan suara, mulai dari bilik suara sejumlah 10 bilik yang dilengkapi alat coblosan dan gambar calon kepala desa, meja dan kursi yang di setting sedemikian rupa untuk 3 wilayah pemilihan, ATK dan tinta sebagai perlengkapan pemungutan dan perhitungan suara, baner calon kepala desa dan baner masuk wilayah pemilihan serta baner yang lainnya.

Panitia PILKADES dengan segenap tenaga telah berusaha sebaik mungkin menyiapkan dan menjalankan pemungutan dan perhitungan suara sesuai teori yang telah dimusyawarahkan bersama-sama, acara pemungutan dan perhitungan suara berjalan dengan lancar dan aman, akan tetapi ada kendala sedikit terjadi akibat adanya antrian pemilih yang tidak teratur dan berdesak-desakkan yang mengakibatkan terjadinya pembengkakan waktu pemungutan suara yang semula terjadwal selesai pada pukul 14.00 WIB dan pada realisasinya selesai pada pukul 16.30. WIB, yang kemudian dilanjutkan dengan perhitungan suara pada pukul 17.00 WIB.

Perhitungan suara dimulai dengan pembukaan dari ketua panitia dan kemudian dilanjutkan perhitungan suara yang dilakukan secara bersama di tiga wilayah pemilihan. Para panitia yang bertugas melaksanakan perhitungan suara dengan seteliti mungkin dan disaksikan para saksi kedua calon masing-masing. Perhitungan suara selesai pada pukul 19.00 WIB dengan hasil calon Kepala Desa no. urut satu yang memenangkan perhitungan suara dengan dibuatkan berita acara serta dibacakan oleh ketua panitia setelah perhitungan suara selesai. Dengan hasil rincian perhitungan suara perwilayah pemilihan yaitu sebagai berikut:

CALON KEPALA DESA WILAYAH PEMILIHAN 1 WILAYAH PEMILIHAN 2 WILAYAH PEMILIHAN 3 JUMLAH
1. MOHAMMAD MANAF 630 464 524 1618
2. AGUS SETIYO NUGROHO 290 441 404 1135
TOTAL 920 905 928 2753

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan