SOSIALISASI PTSL (PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP) DI DESA TLOGOHARUM TAHUN 2020

Tlogoharum (27/01/2020), Badan Pertanahan Nasioanal (BPN) mengadakan sosialisasi terkait Program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) di Desa Tlogoharum tahun 2020 yang di adakan dan difasilitasi Pemerintah Desa Tlogoharum. Kegiatan sosialisasi PTSL diadakan pada pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 15.30 WIB dengan dihadiri oleh tim dari BPN, ketua RT se Desa Tlogoharum, Ketua RW, LPMD, BPD Desa Tlogoharum, tokoh masyarakat, Muspika Kecamatan Wedarijaksa, dan warga masyarakat Desa Tlogoharum yang sebelumnya telah mendafatar pengajuan program PTSL.

Kegiatan sosialisasi di buka oleh PLT Sekretaris Desa Tlogoharum Bapak Muhammad Saiq dan dilanjutkan acara selanjutnya menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Ibu Lilis Setiyani. Kemudian langsung pada inti acara adalah sosialisasi dari tim BPN Pati yang dimulai dengan pemaparan mengenai definisi dari PTSL dan apa saja persyaratan yang perlu di siapkan dalam pendaftaran sertifikat tanah di program PTSL ini serta memaparkan contoh kasus-kasus tanah yang pernah terjadi dan bagaimana cara penangannya. Program PTSL diperuntukkan bagi warga masyarakat Indonesia yang sama sekali belum mempunyai sertifikat, baik sertifikat CS (kepemilikan bersama) ataupun sertifikat yang sudah sangat lama. setelah dari tim BPN memaparkan materi program PTSL, dipersilahkan bagi warga untuk bertanya terkait masalah yang ada dan oleh tim BPN dijawab serta memberikan solusi yang tepat dalam permasalahan yang ada.

Syarat-syarat yang diperlukan dalam pendaftaran program PTSL :

  1. KTP yang bersangkutan
  2. KK yang bersangkutan
  3. SPPT Pajak tahun sekarang
  4. Tanah yang didaftarkan belum bersertifikat
  5. Silsilah waris tanah, tunjuk waris, KTP dan KK ahli Waris serta Akta-akta lain yang diperlukan sesuai kasus riwayat tanah

Kemudian setelah sosialisasi dari BPN, dilanjutkan acara Musdes Desa Tlogoharum tentang persiapan dan apa saja yang dibutuhkan dan perlu disepakati terkait program PTSL ini. Musdes dipimpin oleh PLT Sekretaris Desa yaitu Bapak Muhammad Saiq yang diikuti oleh PJ Kepala Desa Bapak Adi Soekotjo, Kepala Desa terpilih Bapak Mohammad Manaf, dan seluruh tamu undangan yang telah hadir pada acara sebelumnya.

Terdapat kesepakat yang telah disetujui oleh warga masyarakat Desa Tlogoharum yaitu Jasa program PTSL sebesar Rp. 300.000,- dan ditambah biaya lain jika diperlukan untuk pembuatan Akta-akta, sebelum pengukuran oleh BPN warga masyarakat harus sudah memasang patok batas-batas tanah dan sudah atas sepengetahuan ahli waris yang ada dan tetangga sebelah batas tanah yang didaftarkan program PTSL, rencana Kepanitiaan program PTSL di isi oleh Ketua RT, perangkat desa, dan tokoh masyarakat, dengan penanggung jawab Kepala Desa Tlogoharum.

Dalam program PTSL yang baru berjalan pada tahun 2020 ini di Desa Tlogoharum diharapkan seluruh pihak dapat ikut serta membantu mensukseskan program PTSL ini, dengan saling mendukung dan meminimalisir perselisihan yang mungkin bisa terjadi untuk menciptakan suasana yang kondusif serta berjalan lancar.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*