PROGRAM PREVENTIF DAN REPRESIF PEMERINTAH DESA TLOGOHARUM PADA MASA PANDEMI COVID 19

Pada masa Pandemi wabah Covid 19 beberapa aktivitas dan kegiatan dari sektor ekonomi, pendidikan dan sektor kepemerintahan menjadi terhambat mulai dari kegiatan perdagangan di pasar, kaki lima pada malam hari, sektor dagang luar kota atau negeri, kegiatan belajar mengajar serta kegiatan rapat koordinasi, pelayanan publik atau yang sejenisnya menjadi terhambat bahkan sampai tidak berjalan, yang pada mulanya kegiatan dilaksanakan secara langsung tatap muka menjadi secara online (daring) atau Virtual. Hal-hal tersebut dilakukan untuk menjaga agar tidak terjadi kerumunan dan mencegah penyebaran Covid 19 di berbagai wilayah.

Dengan adanya masa Pandemi Covid 19 yang sekarang ini, pemerintah banyak mengadakan kegiatan yang bersifat Preventif dan Represif. Kegiatan Preventif yang dilakukan pemerintah antara lain meliputi Penyemprotan Disinfektan di berbagai wilayah, sosialisasi terkait protokol kesehatan yang wajib dilakukan pada masa Pandemi Covid 19, dan pembatasan kegiatan ekonomi di pasar dan pedagang malam. Sedangkan kegiatan Represif yang dilakukan pemerintah antara lain meliputi karantina pada ODP atau OTG yang pernah kontak langsung dengan pasien Covid 19 dengan hasil Rapid Test REAKTIF di tempat yang telah disediakan, penelitian intensif untuk menemukan Vaksin penyembuhan Covid 19 oleh tenaga ahli sert penambahan tenaga medis dan relawan Covid 19 untuk mencegah penyebaran dan melakukan pengobatan terhadap pasien Covid 19.

langkah Preventif dan Represif yang dilakukan Pemerintah Desa Tlogoharum pada masa Pandemi Covid 19 ini antara lain meliputi Penyemprotan Disinfektan oleh PMI kabupaten Pati melalui surat permohonan dari Desa sebanyak 2 kali pada tanggal 27 Maret 2020 dan 22 Juli 2020 di tempat-tempat umum, tempat ibadah, sepanjang jalan utama dan jalan lorong Desa Tlogoharum serta rumah-rumah warga yang diindikasi terpapar Covid 19.

Penyemprotan Disinfektan oleh PMI Kabupaten Pati

Tidak hanya dari PMI Kabupaten, Karang Taruna Desa Tlogoharum juga mengadakan penyemprotan Disinfektan yang didukung oleh Pemerintah Desa Tlogoharum dengan menyusuri tempat ibadah, jalan-jalan gang, tempat-tempat umum untuk mencegah penyebaran Corona Virus Disease 19 pada tanggal 30 Maret 2020 di lingkungan masyarakat Desa Tlogoharum.

Penyemprotan Disinfektan oleh Karang Taruna Desa Tlogoharum

Pemdes Tlogoharum dan BPD bekerja sama membuat Posko Pencegahan dan antisipasi Covid 19 di Balai Desa Tlogoharum dan juga pengaktifan penjagaan guna menampung aspirasi masyarakat terkait Covid 19 dan pencegahan penyebaran Covid 19 yang semakin hari semakin mengerikan.

Kegiatan Jogo Posko Covid 19 oleh Pemdes dan BPD
Asprasi Warga terkait masa Covid 19 di Posko pencegahan Covid 19

Pemerintah Desa Tlogoharum bersama Lembaga Desa Tlogoharum dengan adanya wahab Covid 19 mengadakan musyawarah khusus dan menganggarkan Bantuan Langsung Tunai (BLT DD) sesuai peraturan dari pemerintah untuk warga kurang mampu/ Miskin yang terdampak wabah Covid 19 guna membantu secara langsung masyarakat yang terdampak Covid 19 dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

Pencairan BLT DD Tahap I

Harapan dari Pemerintah Desa Tlogoharum terkait adanya wabah Covid 19 ini, masyarakat lebih sadar dan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah di berbagai kegiatan mulai dari Pakai masker, cuci tangan pakai sabun, hindari kerumunan dan jaga jarak minimal 1 meter atau yang biasa disebut Social Distancing atau Physical Distancing¬†serta semoga do’a dan harapan dari semua kalangan agar wabah Covid 19 ini cepat teratasi dan hilang itu terkabul dan di Ijabahi oleh Alloh SWT . .

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan