MUSYAWARAH PEMBANGUNAN PASAR DAN SEWA KIOS PASAR “NGGOLEO” DESA TLOGOHARUM

Tlogoharum (08/03/2021) Pemerintah Desa Tlogoharum melakukan pertemuan dengan pedagang pasar dengan mengundang pedagang pasar Desa Tlogoharum terkait pembahasan terkait pembangunan dan sewa kios pasar yang telah habis masa berlaku sewanya. Pertemuan dilakukan secara bertahap, mulai dari tahap pertama yaitu hari Selasa tanggal 02 Maret 2021 dengan mengundang pedagang di kios pasar yang paling depan atau pinggir jalan raya, tahap yang kedua yaitu pada hari Rabu tanggal 03 Maret 2021 dengan mengundang pedagang di kios pasar yang belakang, tahap yang ketiga yaitu pada hari Sabtu tanggal 06 Maret 2021 dengan mengundang pedagang pasar di los tengah pasar Desa Tlogoharum. Tujuan mengahdirkan para pedagang pasar dan mengadakan musyawarah adalah untuk membangun hubungan yang lebih erat dan sinergi antara pedagang pasar dan Pemerintah Desa agar tidak terjadi missed komunikasi atau keputusan sepihak yang bisa menimbulkan berbagai masalah.

Pedagang Pasar Desa Tlogoharum

Untuk pertemuan di tahap pertama yaitu pada hari Selasa ada kurang lebih 12 Pedagang di kios depan Pasar Desa Tlogoharum yang dihadirkan, acara dipimpin oleh Bapak Kepala Desa Tlogoharum dengan dibantu oleh Perangkat Desa yang bertugas. Dalam acara tersebut Bapak Kepala Desa Tlogoharum memberikan gambaran kedepan terkait pembangunan pasar Desa Tlogoharum dan apa saja yang perlu dibenahi untuk kemajuan di Pasar Desa Tlogoharum, yang diantaranya meliputi:

  1. Pembangunan Fisik atau penambahan Kios dan Los Pasar Desa Tlogoharum di Bagian Belakang pasar yang terdapat lahan kosong dan memindah bagian pasar depan ke tengah los pasar serta memindah los tengah ke belakang pasar yang telah dibangun dari tahun 2020 dan akan dilanjutkan di tahun 2021
  2. Penataan parkir pasar Desa Tlogoharum
  3. Pembenahan instalasi listrik di kios-kios pasar Desa Tlogoharum
  4. Pembenahan kamar mandi pasar Desa Tlogoharum
  5. Pembenahan saluran air dan akses jalan di pasar Desa Tlogoharum

Untuk sewa kios pasar desa bagian depan telah dimusyawarahkan dan disepakati oleh pemerintah desa dan pedagang pasar sebesar Rp. 3.500.000,-/ Tahun.

Menampung Aspirasi Pedagang Pasar Kios Depan

Pertemuan tahap kedua dilaksanakan pada hari Rabu dengan menghadirkan pedagang pasar desa di kios bagian belakang yang berjumlah kurang lebih 25 pedagang pasar dengan berbagai ragam dagangan yang diperjualbelikan, untuk sementara keputusan harga sewa kios yang bagian belakang sebesar Rp. 2.000.000,-/ Tahun yang sementara belum secara bersama-sama disepakati.

Musyawarah Pedagang Kios Tengah Pasar

Untuk pertemuan yang tahap ketiga dilaksanakan pada hari Sabtu dengan menghadirkan beberapa pedagang pasar meliputi pedagang jajanan pasar, pedagang ikan, pedagang makanan dll yang kurang lebih berjumlah 45 orang pedagang. untuk keputusan sementara sewa tempat los bagian tengah pasar bervariasi, ada yang Rp. 200.000,- , ada yang Rp. 300.000,- dan juga ada yang Rp. 500.000,-/ pertahun tergantung lebar tempat yang digunakan dan dagangan apa yang diperjualbelikan,sementara keputusan harga sewa tempat los tengah tersebut masih belum disepakati dan akan dimusyawarahkan dengan lembaga-lembaga desa yang lainnya.

Musyawarah Pedagang Pasar Los Tengah

Harapan Pemerintah Desa Tlogoharum dan pedagang Pasar “NGGOLEO” adalah semoga pasar Desa Tlogoharum semakin maju dalam hal pembangunan dan penataan fisiknya serta semoga dalam hal perdagangan semakin rame serta tingkat perekonomian mayarakat desa khusunya masyarakat Desa Tlogoharum menjadi lebih meningkat.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan