MUSYAWARAH APBDES DESA TLOGOHARUM TAHUN 2021

Tlogoharum (13/03/2021) Pemerintah Desa Tlogoharum  mengadakan musyawarah terkait pembahasan dan penetapan APBDES Desa Tlogoharum Tahun 2021 pada hari Sabtu malam Minggu pada pukul 19.30 WIB bertempat di Balai Desa Tlogoharum yang dihadiri oleh Bapak Kepala Desa beserta perangkat desanya dan Bapak Ketua BPD beserta anggotanya.

Pembukaan Musyawarah

Musyawarah dibuka oleh Bapak Kaur Keuangan Bapak Ahmad dengan susunan acara sebagai berikut:

  1. Pembukaan
  2. Sambutan dari Bapak Kepala Desa
  3. Sambutan dari Bapak Ketua BPD
  4. Musyawarah Pembahasan RAPBDES Desa Tlogoharum tahun 2021
  5. Penandatangan berita acara
  6. Penutup

Setelah dibuka oleh Bapak Ahmad, acara dilanjutkan dengan Sambutan Bapak Kepala Desa Tlogoharum yang langsung disampaikan sendiri oleh Bapak Mohammad Manaf selaku Kepala Desa. Bapak Mohammad Manaf memberikan penjelasan secara umum terkait gambaran tentang rancangan RAPBDES yang telah direncanakan untuk di bahas pada malam itu, selain menjelaskan terkait RAPBDES Bapak Kepala Desa juga memaparkan secara singkat kelanjutan terkait penanganan pasar desa dan pembangunannya.

Sambutan Bapak Kepala Desa

Acara yang selanjutnya adalah sambutan Bapak ketua BPD, yang disampaikan Bapak Salamun selaku Ketua BPD, Bapak Salamun berharap acara pada malam itu berjalan dengan lancar dan sesuai harapan forum musyawarah serta Bapak ketua BPD sedikit menanggapi terkait RAPBDES Desa Tlogoharum tahun 2021 yang sebelumnya telah dipelajari, “rancangan APBDES ini dan isi yang tertuang di dalamnya menurut kami sudah sesuai dengan usulan musrenbangdes di bulan sebelumnya oleh beberapa pihak seperti ketua RT, Ketua PKK, Ketua Karang Taruna, Ketua Kelompok Tani dan tokoh masyarakat serta dengan mempertimbangkan prioritas Pemerintah Desa untuk melakukan pembangunan Infrstruktur dan pemeberdayaan masyarakat” ujar Bapak Ketua BPD.

Sambutan Bapak Ketua BPD

Acara dilanjutkan dengan pembahasan dan penjelasan secara rinci terkait RAPBDES tahun 2021, yang dipimpin oleh Bapak PLT Sekdes Bapak Muhammad Saiq. Dari mulai penjelasan terkait semua anggaran pendapatan yang di dapat oleh desa dari mulai pendapatan asli desa, Dana Desa, Alokasi Dana Desa, Bankeu Pemdes dan yang lainnya serta semua belanja yang akan dikeluarkan oleh desa dari mulai belanja pembangunan infrastruktur jalan dan pasar, belanja PKK, bantuan langsung tunai (BLT-DD) dan bantuan kepada lembaga ibadah serta lembaga pendidikan lainnya.

Pembahasan Rancangan APBDES

Ada beberapa tanggapan dari beberapa anggota BPD terkait pemaparan dan penjelasan yang disampaikan oleh Bapak Kepala Desa dan Bapak PLT Sekdes antara lain terkait rencana pengelolaan pasar desa yang meliputi keputusan final sewa pasar desa dan rancangan tata bangunan pasar desa serta terkait bantuan-bantuan keuangan yang dianggarakan, Bapak Kepala Desa langsung menanggapi terkait tanggapan anggota BPD tersebut dengan menjelaskan terkait mekanisme tata kelola pasar dan teknis penyerahan bantuan-bantuan yang dianggarakan dalam RAPBDES Desa Tlogohaum tahun 2021.

Tanggapan oleh Anggota BPD

Setelah pembahasan dan diskusi terkait Rancangan APBDES tahun 2021 dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengesahan APBDES tahun 2021 Desa Tlogoharum oleh Bapak Ketua BPD beserta anggotanya. Acara berlangsung dengan lancar dan mencapai mufakat yang berakhir pada pukul 22.00 WIB.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan