Kuliah Kerja Nyata – Integrasi Kompetensi (KKN-IK) Mahasiswa IAIN Kudus di Desa Tlogoharum Wedarijaksa Pati

Virus yang semakin beragam dan tingkat penularan yang semakin tinggi menandai bahwa pandemi yang disebabkan oleh virus Covid-19 masih belum berakhir hingga saat ini, tetapi kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tetap dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan.

Desa Tlogoharum merupakan salah satu desa yang menjadi lokasi KKN bagi para mahasiswa. Tahun 2021, KKN di desa Tlogoharum dilaksanakan oleh tiga mahasiswa dari kampus IAIN Kudus. Rani, Umi, dan Umar merupakan mahasiswa IAIN Kudus semester tujuh dari progam studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Tadris Matematika, dan Tadris IPS. Mereka pun juga berasal dari Desa Tlogoharum.

Berbeda dengan lainnya, mahasiswa IAIN Kudus yang berasal dari kota Pati dilaksanakan di desa sendiri dari masing-masing mahasiswa tersebut. Hal ini merupakan keputusan dari bupati Pati supaya kasus virus Corona tidak melonjak.

Kegiatan KKN-IK IAIN Kudus dilaksanakan selama satu bulan, mulai tanggal 6 September sampai 6 Oktober  2021. Tema dari KKN-IK IAIN Kudus yaitu “ Pemberdayaan Potensi Desa Berbasis Moderasi Beragama”. Kegiatan KKN ini merupakan kegiatan yang melibatkan mahasiswa yang memberikan pengabdian kepada masyarakat. Dengan kegiatan KKN ini diharapkan mahasiswa dapat mentransformasikan ilmu di perguruan tinggi ke masyarakat.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan